Permainan ini bisa dilakukan di kelas 4 Semester 1,
Petunjuk Penggunaan Permainan "Sekitarku" sabagai berikut;
Keterangan:
Pada permainan “Sekitarku” terdapat
beberapa petunjuk diantaranya:
1. Terdapat 5 buah warna
bendera yang terdiri dari;merah
(Kelompok 1), Biru (Kelompok 2), Ungu (Kelompok 3), Orange (Kelompok 4), dan
Hitam (Bendera Bonus dan Jebakan)
2. Pada Setiap
Bendera tersebut terdapat berbagai petunjuk maupun soal latihan yang harus
siswa pecahkan di tiap kelompok
3. Letak Bendera itu sendiri di
biarkan berceceran dan disembunyikan oleh guru pembimbing agar siswa mencari
sendiri bendera tersebut.
4. Terdapat 4 Buah Rumah Budaya
yang dimaksudkan sebagai posko strategi untuk menyelesaikan misi di tiap
kelompok tersebut misi nya itu sendiri adalah menyelesaikan puzzle yang
bagiannya sebagian terdapat pada bendera-bendera tersebut.
5. Terdapat berbagai
nama-nama jalan yang diambil dari nama-nama provinsi yang ada di Indonesia yang
dimaksudkan agar siswa mengenal provinsi-provinsi yang berada di Indonesia
Aturan Permainan " SEKITARKU"
-Guru mulai membagi kelompok, yakni Siswa di bagi Menjadi 4 kelompok
yang di beri nama berbagai karya kerajinan nusantara diantaranya: 1. Kain
Songket, 2. Ulap Doyo, 3. Mega Mendung dan 4. Merak Ngibing” dengan menggunakan
undian gambar sebagai alat pembaginya
-Guru mengkondiskan siswa agar tertib kembali sesuai dengan nama
kelompoknya
- Guru memberi kesempatan pada siswa untuk membuat yel-yel di tiap
kelompok
- Guru mengajak siswa untuk keluar ruangan kelas yang selanjutnya
mengarahkan siswa untuk berbaris dilapangan sesuai dengan kelompok yang sudah
ditentukan sebelumnya
- Guru Utama Menjelaskan terlebih dahulu Aturan permainan “Sekitarku”,
yaitu sebagai berikut;
a.
Terdapat 5 buah warna
bendera yang terdiri dari;merah
(Kelompok 1), Biru (Kelompok 2), Ungu (Kelompok 3), Orange (Kelompok 4), dan
Hitam (Bendera Bonus dan Jebakan)
b.
Pada Setiap Bendera tersebut
terdapat berbagai petunjuk maupun soal latihan yang harus siswa pecahkan di
tiap kelompok
c.
Letak Bendera itu sendiri di
biarkan berceceran dan disembunyikan oleh guru pembimbing agar siswa mencari
sendiri bendera tersebut.
d.
Terdapat 4 Buah Rumah Budaya
yang dimaksudkan sebagai posko strategi untuk menyelesaikan misi di tiap
kelompok tersebut misi nya itu sendiri adalah menyelesaikan puzzle yang
bagiannya sebagian terdapat pada bendera-bendera tersebut.
e. Setiap kelompok menempati rumah yang telah di sediakan
f. Pada setiap kelompok di bagi
tugas seperti; 1 siswa berada di Rumah Budaya untuk memecahkan teka-teki berupa
puzzle yang belum tersusun dan masih hilang, 1 siswa berada di titik pusat
untuk diberi pengarahan terlebih dahulu oleh guru utama mengenai petunjuk
pelaksanaan saat berada di lokasi permainan, 3 orang siswa menjadi tim mobile
untuk membantu memecahkan soal maupun petunjuk-petunjuk yang terdapat pada
bendera-bendera yang telah di temukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar