Selasa, 23 Oktober 2012

Permainan "SEKITARKU" untuk SD Kelas IV Semester 1

Permainan ini bisa dilakukan di kelas 4 Semester 1, 


Petunjuk Penggunaan Permainan "Sekitarku" sabagai berikut;
Keterangan:
Pada permainan “Sekitarku” terdapat beberapa petunjuk diantaranya:
1. Terdapat 5 buah warna bendera   yang terdiri dari;merah (Kelompok 1), Biru (Kelompok 2), Ungu (Kelompok 3), Orange (Kelompok 4), dan Hitam (Bendera Bonus dan Jebakan)
2. Pada Setiap Bendera tersebut terdapat berbagai petunjuk maupun soal latihan yang harus siswa pecahkan di tiap kelompok

3. Letak Bendera itu sendiri di biarkan berceceran dan disembunyikan oleh guru pembimbing agar siswa mencari sendiri bendera tersebut.
4. Terdapat 4 Buah Rumah Budaya yang dimaksudkan sebagai posko strategi untuk menyelesaikan misi di tiap kelompok tersebut misi nya itu sendiri adalah menyelesaikan puzzle yang bagiannya sebagian terdapat pada bendera-bendera tersebut.

5. Terdapat berbagai nama-nama jalan yang diambil dari nama-nama provinsi yang ada di Indonesia yang dimaksudkan agar siswa mengenal provinsi-provinsi yang berada di Indonesia



Aturan Permainan " SEKITARKU"
-Guru mulai membagi kelompok, yakni Siswa di bagi Menjadi 4 kelompok yang di beri nama berbagai karya kerajinan nusantara diantaranya: 1. Kain Songket, 2. Ulap Doyo, 3. Mega Mendung dan 4. Merak Ngibing” dengan menggunakan undian gambar sebagai alat pembaginya
-Guru mengkondiskan siswa agar tertib kembali sesuai dengan nama kelompoknya
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk membuat yel-yel di tiap kelompok
Guru mengajak siswa untuk keluar ruangan kelas yang selanjutnya mengarahkan siswa untuk berbaris   dilapangan sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya
- Guru Utama Menjelaskan terlebih dahulu Aturan permainan “Sekitarku”, yaitu sebagai berikut;
a.       Terdapat 5 buah warna bendera   yang terdiri dari;merah (Kelompok 1), Biru (Kelompok 2), Ungu (Kelompok 3), Orange (Kelompok 4), dan Hitam (Bendera Bonus dan Jebakan)
b.      Pada Setiap Bendera tersebut terdapat berbagai petunjuk maupun soal latihan yang harus siswa pecahkan di tiap kelompok
c.       Letak Bendera itu sendiri di biarkan berceceran dan disembunyikan oleh guru pembimbing agar siswa mencari sendiri bendera tersebut.
d.      Terdapat 4 Buah Rumah Budaya yang dimaksudkan sebagai posko strategi untuk menyelesaikan misi di tiap kelompok tersebut misi nya itu sendiri adalah menyelesaikan puzzle yang bagiannya sebagian terdapat pada bendera-bendera tersebut.
e.       Setiap kelompok menempati rumah yang telah di sediakan
f.   Pada setiap kelompok di bagi tugas seperti; 1 siswa berada di Rumah Budaya untuk memecahkan teka-teki berupa puzzle yang belum tersusun dan masih hilang, 1 siswa berada di titik pusat untuk diberi pengarahan terlebih dahulu oleh guru utama mengenai petunjuk pelaksanaan saat berada di lokasi permainan, 3 orang siswa menjadi tim mobile untuk membantu memecahkan soal maupun petunjuk-petunjuk yang terdapat pada bendera-bendera yang telah di temukan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar